20 Juni 2024

Sering Ada di Produk Sabun Mandi, Ini 5 Manfaat Madu Bagi Kulit

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sudah dikenal sebagai superfood. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan kulit.

Image link

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sudah dikenal sejak zaman dulu sebagai superfood, dimana madu dikenal bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Maka dari itu, sangat wajar jika akhirnya bahan makanan alami ini banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Bahkan saat ini banyak produk sabun mandi yang menambahkan madu sebagai salah satu bahan utamanya. 

Lantas apa saja sih manfaat madu bagi kulit? Lervians, kita simak yuk ulasannya berikut ini:

  1. Menjaga Elastisitas Kulit

Madu merupakan humektan alami, yang berarti dia merupakan bahan alami yang mampu menarik dan mempertahankan kelembapan dari lingkungan sekitar, sehingga membuat madu sangat efektif dalam melembapkan kulit. 

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuatnya terasa lebih elastis, sehingga akan membuat kulit jadi lebih lembut, kenyal, dan tidak mudah kering atau pecah-pecah. Keunggulan ini menjadikannya bahan ideal untuk lotion tubuh, dan sabun mandi.

  1. Antioksidan yang Kuat

Paparan polusi, sinar UV, dan faktor lingkungan lainnya dapat menyebabkan stres oksidatif pada kulit, yang mempercepat proses penuaan. Antioksidan dalam madu membantu menetralkan radikal bebas, sehingga kulit tetap sehat dan awet muda.

Selain itu, madu juga merupakan salah satu bahan alami yang kaya flavonoid dan polifenol, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, paparan bahan kimia berlebih, dan hal lainnya.

  1. Sifat Antibakteri dan Antiinflamasi

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat, yang sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan iritasi kulit. Madu manuka, khususnya, dikenal karena kemampuannya dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Cara kerjanya, enzim dalam madu menghasilkan hidrogen peroksida, yang memiliki efek antibakteri. Selain itu, madu juga mengandung senyawa antiinflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang meradang.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat madu bagi kulit tidak hanya digunakan dalam dunia kecantikan, tapi juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mempercepat penyembuhan luka, baik luka karena sayatan, luka bakar dan lainnya. 

Studi menunjukkan aplikasi madu pada luka bisa mengurangi waktu penyembuhan dan meminimalkan risiko infeksi, dengan menciptakan lingkungan yang tidak ideal bagi pertumbuhan bakteri, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengelupas Sel Kulit Mati

Madu juga dapat digunakan sebagai eksfolian alami untuk mengangkat sel kulit mati. Ini membantu membuka pori-pori dan meningkatkan tekstur kulit, membuatnya tampak lebih cerah dan halus.

Kamu bisa menggunakan madu sebagai eksfoliator bersama dengan bahan lainnya, seperti gula atau oatmeal. Gosokkan secara lembut di kulit dalam gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat. 

Madu Sering Digunakan Pada Produk Kecantikan Kulit 

Dengan semua manfaat yang diberikannya, madu banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk berbagai produk perawatan kulit. Seperti disebutkan sebelumnya, biasanya madu digunakan sebagai sabun mandi atau lotion yang melembutkan kulit. 

Salah satu contohnya adalah Lervia Sabun Susu. Produk sabun mandi dengan kandungan ekstrak susu kambing ini punya molekul nutrisi lebih kecil, sehingga mampu diserap kulit lebih cepat dan dalam. 

Lervia Sabun Susu juga diformuasikan dengan berbagai varian, termasuk salah satunya adalah varian plus honey dengan kandungan ekstrak madu. Sehingga mampu mampu melembutkan kulit, sejak pemakaian pertama. 

Selain itu, ada juga produk Lervia Lotion Susu dengan kandungan ekstrak susu kambing, dengan campuran bahan-bahan alami lainnya, termasuk varian plus avocado yang bikin kulit makin lembut, kenyal, dan  awet muda. Semoga bermanfaat!

Facebook
X
WhatsApp
Telegram

Dapatkan Promo Menarik

Daftarkan Emailmu dan Dapatkan Promo Menarik

Daftar Sekarang

Dapatkan Lervia Sekarang

Lervia tersedia di berbagai marketplace di Indonesia. Dapatkan Lervia di marketplace kesayanganmu.

Shopee
Tokopedia
Lazada
Blibli
Bukalapak
Orami